4 Fakta dan Sejarah Sungai Jordan, Tempat Pembaptisan Yesus

Yordania berbatasan dengan negara suriah, israel, arab saudi dan irak. Walaupun terletak diantara negara konflik, yordania termasuk negara yang aman. Yordania menjadi peradaban agama-agama besar di dunia. Mayoritas penduduknya beragama islam, tetapi kehidupan beragama disini sangat toleran. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika di yordania adalah sungai jordan. Sungai ini menjadi tempat pembastisan yesus. Berikut ini sedikit sejarah tetang sungai yordan.


Sejarah Sungai Jordan

1.    Nama Asli Sungai Jordan

Nama asli sungai ini adalah jordan al urdun yang artinya yang menurun. Hal ini dikarenakan sungai ini berasal dari gunung hermon yang memiliki ketinggian 3000 kaki. Sungai yordan terbentuk dari empat sungai kecil yang mengalir ke laut mati, ukurannya sekitar 1300 kaki di bawah permukaan laut.

2.    Banyak Disebutkan di Al Kitab
Sungai yordan menjadi sungai yang banyak disebutkan di al kitab. Entah itu di perjanjian lama atau perjanjian baru. Di perjajian lama tertulis sungai yordan sebagai sungai yang diserbangi oleh umat israel untuk sampai ke kanaan (tanah perjanjian). Di sungai ini juga menjadi saksi bisu proses pengangkatan nabi elia menuju ke surga dengan menggunakan kereta perang menyala-nyala.

3.    Tempat Pembaptisan Yesus
Kepopularan sungai ini tidak lepas dari sejarahnya yaitu sebagai tempat pembastisan yesus oleh yohanie. Karena hal itulah yang membuat sungai ini dijadikan sungai suci bagi umat kristen di seluruh dunia. Bahkan sampai saat ini sering dijadikan tempat untuk pembaptisan.

4.    Memiliki Debit Air Sangat Besar
Walaupun terletak di timur tengah yang gersang, sungai yohanes memiliki debit air besar. Airnya terus mengalir sepanjang tahun menuju ke palestina. Walaupun musim kering tidak pernah kering sama sekali. Lokasi sungai ini sekitar 5 mil dari timur yerikho. Setiap tahunnya selalu dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Ada banyak sekali hal yang bisa ditelusuri dari sungai jordan dan negara yordania. Anda bisa belajar beradapan agama di dunia. Melihat bangunan tua dengan arsitektur yang keren. Jika ingin liburan ke yordania, bisa ikuti paket wisata insighttour.id/.

0 Response to "4 Fakta dan Sejarah Sungai Jordan, Tempat Pembaptisan Yesus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel